Abul Wafa Sang Penemu Trigonometri

Image

Abul Wafa lahir di Buzjan, Khurasan (Iran) pada tanggal 10 Juni 940/328 H. Ia belajar Matematika dari pamannya, Abu Umar al Maghazali dan Abu Muhammad Ibn Ataba. Sedangkan, ilmu Geometri dikenalnya dari Abu Yahya al-Marudi dan Abu al-Ala’ Ibn Karnib. Pada tahun 959 ia melanjutkan pendidikan ke Baghdad, Irak dan akhirnya dikenal sebagai salah satu pakar Matematika dan Astronomi.

Salah satu peran terbesar Abul Wafa dalam Matematika adalah menemukan rumus dasar Trigonometri. Trigonometri berasal dari kata trigonon yang artinya tiga sudut dan metro artinya mengukur. Ilmu tersebut merupakan cabang matematika yang berhadapan dengan sudut segi tiga dan fungsi trigonometrik seperti sinus, cosinus dan tangen.

Dalam Trigonometri, Abul Wafa telah memperkenalkan fungsi tangen dan memperbaiki metode penghitungan tabel Trigonometri. Ia juga tercatat sebagai matematikus pertama yang mencetuskan rumus umum sinus. Rumus-rumus yang dihasilkannya hingga kini masih ada. Kemampuannya menciptakan rumus-rumus baru Matematika membuktikan bahwa Abul Wafa adalah seorang ahli Matematika yang jenius.

Karena pengetahuannya yang begitu luas, termasuk dalam bidang Astronomi. Abul Wafa menjadi salah satu dari 24 ilmuwan muslim yang namanya diabadikan di kawah bulan tanpa menggunakan nama barat. Jadi, nama yang tertulis di kawah bulan itu benar-benar nama aslinya, yaitu Abul Wafa.

Abul Wafa meninggal pada  tanggal 15 Juli 998 di kota Baghdad, Irak. Walaupun ia sudah meninggal, namun hasil karya dan pemikirannya hingga kini masih tetap hidup.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s