Karl Drais Sang Penemu Sepeda

Image

Salah satu tokoh yang telah berjasa menemukan sepeda adalah seorang tokoh berkebangsaan Jerman bernama Karl Drais. Penemu yang bernama lengkap Baron Karls Drais von Sauerbronn atau Karl Drais lahir pada tanggal 29 April 1785 di Karlsruhe, Jerman. Drais bergabung sebagai pejabat kehutanan, bekerja sebagai guru di lembaga kehutanan pribadi milik pamannya, dan pada tahun 1810 menerima gelar kepala rimbawan.

Drais memulai penemuannya dalam bentuk sepeda roda tiga tanpa pedal. Sepeda buatan Drais mempunyai mekanisme kemudi pada bagian roda depan. Dengan mengambil tenaga gerak dari kedua kaki, Drais mampu meluncur lebih cepat saat berkeliling kebun. Ia sendiri menyebut kendaraan ini dengan nama, Draisienne. Penemuannya ini kemudian menjadi awal prinsip pembuatan kendaraan beroda dua seperti sepeda dan sepeda motor, juga merupakan awal dari transportasi pribadi mekanik.

Drais melakukan perjalannya yang pertama menggunakan sepeda temuannya pada tanggal 12 Juni 1817, dari Mannheim ke Schwetzinger Relaishaus. Pada tahun yang sama, dia melakukan perjalanan kedua, dari Gernsbach ke Baden. Tidak hanya menemukan sepeda, Drais ternyata juga menemukan mesin ketik dengan keyboard pada tahun 1821.

Pada tanggal 12 Januari 1818, Drais dianugerahi sebuah penghormatan dengan gelar duke sebagai imbalan atas penemuannya. Grand Duke Karl Drais kemudian juga ditunjuk sebagai Profesor Mekanika. Namun gelar ini hanyalah sebuah gelar kehormatan, tidak berhubungan dengan universitas atau lembaga lain.

Sepeda buatan Drais ini tak bertahan lama, karena setelah itu mulai muncul jenis-jenis sepeda baru yang lebih efisien bahkan beberapa di antaranya ada yang sudah menggunakan pedal. Walaupun demikian, sepeda buatan Drais ini tetap harus diacungi jempol, karena sudah mampu menjadi perintis munculnya sepeda-sepeda modern di dunia. Drais meninggal di kota kelahirannya, Karlsruhe pada tanggal 10 Desember 1851.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s